CRITICAL
REVIEW
PRO DAN KONTRA DALAM PEMBANGUNAN
JALAN LAYANG ANTASARI-BLOK M
Pembangunan
jalan layang Antarasi - Blok M, Jakarta Selatan menimbulkan pro dan kontraHal
yang sering muncul dari pembangunan jalan layang, dalamprosesnya merupakan
aspek yang perlu diperhatikan dalam pembangunan jalan layang.
Pembangunan
jalan layang Pangeran Antasari-Blok M banyak menuai protes. Warga menuding
pembangunan jalan layang itu telah menyalahi anasilis mengenail dampak
lingkungan atau Amdal.
Buktinya
selama pembangunan berlangsung, kurang lebih 150 pohon harus ditebang.
Rencananya, jalan layang Antasasi memiliki panjang 4,8 kilometer, dengan lebar
17 meter, dengan ketinggian 10 meter yang sudah merelakan aset negara hilang.
Adapun
hal-hal yang menunjang atau hal-hal posif yang digunakan dalam pembangunan
jalan layang yaitu, dalam hal pemechan permasalahan mobilitas dan aksesibiltas guna
peningkatan kinerja lalu lintas, karena terjadi peningkatan kecepatan lalu
lintas pada jalan layang karena biasanya jumlah akses jalan layang terbatas,
sehingga konflik merging dan konflik diverging berkurang pada ramp masuk
ataupun keluar.
Dalam
hal kelancaran mengakibatkan penurunan gas buangan dari kendaraan, karena
kendaraan yang jalan pada kecepatan rendah akan lebih tinggi tingkat
pengeluaran gasnya ketimbang berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi.
Kemudian
dalam Hal yang negatif yaitu,
1. P embangunan jalan baru di wilayah
perkotaan akan meningkatkan mobilitas kendaraan pribadi yang akan menarik
masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi, ketimbang kendaraan umum,
sehingga dalam waktu hanya beberapa tahun, jalanan sudah terjadi kemacetan lalu
lintas, serta maraknya polusi udara dimana-mana.
2.
Kemudian ada juga hal negatif yang lain yaitu,
mengganggu estetika kota, struktur, infrastruktur, baik jalan layangnya maupun
tiang penyangga jalan layang yang mengganggu pandangan para pengendaraa, yang
mengakibatkan cahaya matahari terganggu untuk sampai kepermukaan tanah.
3.
Dapat
menimbulkan kekumuhan, permukiman dimana-mana.
4.
Dapat
digunakan sebagai tempat parkir oleh pengguna sepeda motor pada saat hujan, dan
hal ini merupakan pendukung dalam kemacetan lalu lintas karena lintasan dibawah
jalan layang digunakan untuk parkir sepeda motorsaat menunggu hujan reda.
Maka dari itu, dalam melakukan suatu
produk, melakukan suatu keluaran, diperlukan adanya suatu pendapat. Pasti
diserta dengan adanya Pro dan Kontra. Agar produk yang kita kemukakan dapat
diterima oleh halayak ramai, dapat diterima ditengah masyarakat, maka kita harus berpegang teguh pada
kemusyawarahan. Ini harus
dipertimbangkan matang-matang. Lihat dampak positif maupun negatif dari suatu
produk yang akan kita realisasikan. Tidak seperti pembangunan Jembatan Layang
dari Antasari-Blok M, yang hanya diputuskan oleh beberapa pihak saja, sedangkan
masyarakat sekitar kurang di ikutsertakan dalam keberadaan dan pembangunan
jembatan tersebut. Pendapat saya, apabila kita sebagi planners, kita harus
memikirkan dampak serta keuntungan dalam suatu rencana yang kita buat. Sudah
strategis, dan sudah amankan dalam pembangunannya. Dan kita dituntut untuk
mampu bekerja sama dengan semua pihak, agar apa yang kita rencanakan dapat
terealisasi dengan baik.
Sumber: 2011. dalam www. jakartapress.com/detail/read/802/pembangunan-jalan-layang-antasari-blok-m-timbulkan-pro-dan-kontra
Critical Review By Elsari MM Simanjuntak
my tv game - youtube - Videodl.cc
my tv game - youtube. Play more. Download video. Play more. Download youtube to mp3 online new. More. Watch more. More. Embed. Share. Share. Show more. Similar videos.