Twitter
Kelompok 17 SST 2013 Fakultas Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro

PRO DAN KONTRA DALAM PEMBANGUNAN JALAN LAYANG ANTASARI-BLOK M

Author Plano Undip 2013 Kelompok 17 - -
Home » PRO DAN KONTRA DALAM PEMBANGUNAN JALAN LAYANG ANTASARI-BLOK M



CRITICAL REVIEW
PRO DAN KONTRA DALAM PEMBANGUNAN
 JALAN LAYANG ANTASARI-BLOK M

Pembangunan jalan layang Antarasi - Blok M, Jakarta Selatan menimbulkan pro dan kontraHal yang sering muncul dari pembangunan jalan layang, dalamprosesnya merupakan aspek yang perlu diperhatikan dalam pembangunan jalan layang.
Pembangunan jalan layang Pangeran Antasari-Blok M banyak menuai protes. Warga menuding pembangunan jalan layang itu telah menyalahi anasilis mengenail dampak lingkungan atau Amdal.
Buktinya selama pembangunan berlangsung, kurang lebih 150 pohon harus ditebang. Rencananya, jalan layang Antasasi memiliki panjang 4,8 kilometer, dengan lebar 17 meter, dengan ketinggian 10 meter yang sudah merelakan aset negara hilang.
Adapun hal-hal yang menunjang atau hal-hal posif yang digunakan dalam pembangunan jalan layang yaitu, dalam hal pemechan  permasalahan mobilitas dan aksesibiltas guna peningkatan kinerja lalu lintas, karena terjadi peningkatan kecepatan lalu lintas pada jalan layang karena biasanya jumlah akses jalan layang terbatas, sehingga konflik merging dan konflik diverging berkurang pada ramp masuk ataupun keluar.
Dalam hal kelancaran mengakibatkan penurunan gas buangan dari kendaraan, karena kendaraan yang jalan pada kecepatan rendah akan lebih tinggi tingkat pengeluaran gasnya ketimbang berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi.
Kemudian dalam Hal yang negatif yaitu,
1.       P embangunan jalan baru di wilayah perkotaan akan meningkatkan mobilitas kendaraan pribadi yang akan menarik masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi, ketimbang kendaraan umum, sehingga dalam waktu hanya beberapa tahun, jalanan sudah terjadi kemacetan lalu lintas, serta maraknya polusi udara dimana-mana.
2.        Kemudian ada juga hal negatif yang lain yaitu, mengganggu estetika kota, struktur, infrastruktur, baik jalan layangnya maupun tiang penyangga jalan layang yang mengganggu pandangan para pengendaraa, yang mengakibatkan cahaya matahari terganggu untuk sampai kepermukaan tanah.
3.       Dapat menimbulkan kekumuhan, permukiman dimana-mana.
4.       Dapat digunakan sebagai tempat parkir oleh pengguna sepeda motor pada saat hujan, dan hal ini merupakan pendukung dalam kemacetan lalu lintas karena lintasan dibawah jalan layang digunakan untuk parkir sepeda motorsaat  menunggu hujan reda.




Maka dari itu, dalam melakukan suatu produk, melakukan suatu keluaran, diperlukan adanya suatu pendapat. Pasti diserta dengan adanya Pro dan Kontra. Agar produk yang kita kemukakan dapat diterima oleh halayak ramai, dapat diterima ditengah masyarakat, maka  kita harus berpegang teguh pada kemusyawarahan.  Ini harus dipertimbangkan matang-matang. Lihat dampak positif maupun negatif dari suatu produk yang akan kita realisasikan. Tidak seperti pembangunan Jembatan Layang dari Antasari-Blok M, yang hanya diputuskan oleh beberapa pihak saja, sedangkan masyarakat sekitar kurang di ikutsertakan dalam keberadaan dan pembangunan jembatan tersebut. Pendapat saya, apabila kita sebagi planners, kita harus memikirkan dampak serta keuntungan dalam suatu rencana yang kita buat. Sudah strategis, dan sudah amankan dalam pembangunannya. Dan kita dituntut untuk mampu bekerja sama dengan semua pihak, agar apa yang kita rencanakan dapat terealisasi dengan baik.

Sumber: 2011. dalam www. jakartapress.com/detail/read/802/pembangunan-jalan-layang-antasari-blok-m-timbulkan-pro-dan-kontra
 Critical Review By Elsari MM Simanjuntak


















One Response so far.

  1. Anonim says:

    my tv game - youtube - Videodl.cc
    my tv game - youtube. Play more. Download video. Play more. Download youtube to mp3 online new. More. Watch more. More. Embed. Share. Share. Show more. Similar videos.