Twitter
Kelompok 17 SST 2013 Fakultas Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro

Mahasiswa Sebagai Agent Of Change

Author Plano Undip 2013 Kelompok 17 - -
Home » Mahasiswa Sebagai Agent Of Change




Sebagai seorang mahasiswa, kita harus mengetahui maksud dari kata mahasiswa itu sendiri. Menurut saya, mahasiswa merupakan suatu proses atau tahapan di mana seorang pelajar telah mencapai titik tertinggi perjalanannya. Dalam tahapan sebagai seorang mahasiswa ini, kita akan dituntut untuk mampu berpikir kritis serta harus mampu mengoptimalkan daya pikir kita untuk mencapai suatu output yang diinginkan.
Di balik pandangan buruk masyarakat tentang anarkisme dan demo-demo mahasiswa, mahasiswa pernah menjadi salah satu pelopor perubahan tatanan kehidupan bangsa. Dengan tekad dan perjuangannya, para mahasiswa berhasil melengserkan Presiden Soeharto yang sekaligus menjadi akhir dari masa orde baru dan sebagai awal munculnya orde reformasi. Hal itu merupakan contoh nyata peran mahasiswa sebagai agen perubahan.
Mahasiswa harus menyadari bahwa peranannya sangatlah penting bagi kelanjutan bangsa Indonesia. Ketika sikap dan perilaku mahasiswa tidak mencerminkan keluhuran dan kesatuan bangsa, maka dapatlah dipastikan bahwa kelangsungan hidup suatu bangsa akan sangat memprihatinkan. Namun  berbeda lagi ketika suatu bangsa mempunyai mahasiswa yang bersikap kritis dan peka terhadap masalah di sekitarnya.
Pemikiran, tenaga, semangat, dan tekad dari para mahasiswa inilah yang menjadi senjata luar biasa dalam upayanya untuk mengubah dan memperbaiki tatanan yang sudah ada. Mahasiswa sebagai kaum muda, kaum yang masih mempunyai tekad dan ambisi yang besar adalah alasan utama mengapa mereka dijuluki sebagai agen perubahan.
Selain itu, lingkungan kampus yang merupakan tempat utama mahasiswa, adalah sebuah tempat di mana mahasiswa dapat mengembangkan kreatifitasnya. Di tempat inilah para cendekia-cendekia muda dapat saling bertukar argumen dan dapat mengembangkan ide-ide mereka. Melalui kreatifitas-kreatifitas mereka, nantinya akan muncul suatu penemuan baru yang lebih revolusioner. Sebuah gagasan yang tidak hanya dibiarkan menjadi ide-ide yang berserakan, namun juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata.
Oleh karena itulah, maka mahasiswa sebagai generasi muda yang mempunyai semangat dan tekad yang kuat harus mampu ikut berkontribusi dalam perubahan serta perkembangan jaman. 

BY: DIAH MUSTIKARINI